7 Cara Menjaga Kesehatan Pekerja Shift

Kesehatan merupakan salah satu hal terpenting dan sangat-sangat dibutuhkan oleh semua manusia yang hidup di bumi ini.

Seberapa Pentingkah Kesehatan Dijaga?

Tanpa badan dan pikiran yang sehat, Anda tidak akan melakukan sesuatu dengan baik bahkan mustahil untuk menjadi pekerja yang hebat dan kompeten.

Oleh karena itu, kesehatan dianggap sebagai salah satu hal terpenting dalam hidup ini.

Jika Anda adalah seorang pekerja yang sangat sibuk, tidak ada waktu untuk merawat diri dan beranggapan bahwa tidak ada waktu untuk menjaga kesehatan.

 

Peneliti menemukan bahwa berdasarkan penelitian lanjut sebanyak dua kali selama 18 tahun, Pekerja yang duduk selama delapan jam per hari dan jarang berolahraga memiliki peluang kematian 9,9 persen.

Sementara, Pekerja yang duduk kurang dari empat jam per hari disertai dengan olahraga satu jam memiliki risiko kematian sebesar 6,8 jam.

Studi tersebut merekomendasikan Pekerja yang duduk sekitar delapan jam sehari sebaiknya berolahraga satu jam yang bertujuan untuk menjaga kesehatan pekerja.

Sementara Pekerja yang duduk sekitar 6 jam kurang disarankan untuk bergerak aktif selama setengah jam.

Maka anggapan Anda adalah salah besar. Itu justru akan membuat Anda makin sengsara di masa depan.

Tapi jangan khawatir, karena di artikel ini Anda akan mendapatkan tips tentang menjaga kesehatan pekerja.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Cara untuk menjaga kesehatan pekerja adalah dia harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga makanan yang bergizi.

Contoh makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat besi, makanan yang mengandung vitamin B6 dan yang tidak boleh dilupakan adalah pekerja harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

 

Hal itu dikarenakan vitamin C yang dikonsumsi bisa digunakan untuk menguatkan sistem imun dan kesehatan pekerja.  Sistem imun yang kuat bisa berguna untuk melawan kuman dan virus penyebab penyakit.

Orang yang bekerja saat malam hari akan mudah sekali terkena pilek dan batuk.

Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin itu diharapkan bisa menjaga kesehatan pekerja untuk shift malam.

Jaga Asupan Makanan dan Minuman

Asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh sangat disarankan untuk kesehatan pekerja.

Pada pagi hari otak kita memerlukan glukosa sebagai tenaga untuk menyongsong metabolisme otak. Sarapan bisa menjadi satu cara agar Anda bisa tetap sehat di tempat kerja.

Anda tentu akan lebih siap memulai hari karena konsentrasi yang baik dan keadaan tubuh yang segar. Pilihlah menu sarapan dan makan siang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi Anda tiap harinya.

Batasi konsumsi kafein seperti teh atau kopi maksimal 1 gelas per hari. Cukup minum air putih agar tetap berkonsentrasi penuh sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Saat bekerja  sebaiknya pekerja di malam hari mengganti kafein dengan segelas air putih hangat. Air putih hangat itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan pekerja shift malam.

 

Air putih itu bisa digunakan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga akan menghindarkan tubuh mengalami letih dan lesu, sehingga meskipun sering bekerja malam tubuh pekerja shift malam akan tetap bugar dan tidak lesu.

Lakukan Olahraga Ringan

Tips menjaga kesehatan pekerja seperti Anda adalah olahraga ringan.

Buang jauh-jauh alasan dan rasa malas Anda sekarang juga, jika Anda mau jadi pekerja yang lebih sehat dan produktif.

Ada beberapa jenis olahraga ringan yang dapat Anda coba di kantor Anda, antara lain:

  • Naik Turun Tangga

Jangan manjakan diri Anda dengan naik turun menggunakan lift saja. Manfaatkan tangga di tempat kerja yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pekerja yang sibuk seperti Anda.

Naik turun tangga dapat melatih kekuatan otot dan tulang kaki, serta menjaga stamina dan kesehatan pekerja tetap prima.

  • Push Up

Push Up merupakan jenis olahraga ringan yang direkomendasikan untuk dilakukan, agar kesehatan pekerja terjaga.

Olahraga yang murah, mudah, dan bisa dilakukan dimana saja serta bermanfaat bagi kesehatan pekerja sibuk seperti Anda.

Uhhospitas.org menjelaskan manfaat push-up yang jarang diketahui orang, selain dapat membentuk otot dada, juga dapat melancarkan peredaran darah yang membuat kesehatan pekerja terjaga.

  • Squat

Squat adalah salah satu olahraga yang dapat membuat kesehatan pekerja meningkat. Olahraga ini mudah dilakukan  dan efektif untuk membuat tubuh lebih kuat dan sehat.

Peneliti menyebutkan bila squat tidak hanya sekedar meregangkan otot kaki, tetapi juga melancarkan peredaran darah ke kaki, usai digunakan untuk duduk berjam-jam.

Squat membantu menjaga kesehatan pekerja di kantor yang setiap hari duduk berjam-jam.

Caranya, ambil posisi berdiri tegak, kemudian buka kaki lebar-lebar, mulai turunkan paha hingga membentuk sudut 90 derajat dengan lutut.

Jaga Kebersihan Diri dan Tempat Kerja

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pekerja  di tempat kerja adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihan meja kantor.

Anda bisa melakukan pembersihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau melakukan aktivitas lainnya, agar kesehatan pekerja terjaga.

 

Sediakan juga pembersih tangan atau hand sanitizer sehingga bisa digunakan dengan mudah saat dibutuhkan.

Penggunaan hand sanitizer dapat membantu pekerja terbebas dari kuman dan salah satu cara menjaga kesehatan pekerja.

Jangan Mengkonsumsi Kafein

Banyak pekerja yang menjaga dirinya agar tidak mengantuk dengan mengkonsumsi kafein di saat bekerja.

Banyak pekerja yang mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi untuk selalu menjaga dirinya agar selalu terjaga, dan mereka tidak mengetahui itu tidak baik untuk kesehatan pekerja.

 

Boleh-boleh saja jika sehari hanya mengkonsumsi secangkir kopi, namun bagaimana jadinya jika kopi yang dikonsumsi lebih dari satu cangkir?, tentu hal itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan pekerja itu sendiri.

Pekerja yang terbiasa mengkonsumi kafein secara berlebihan saat malam hari sebaiknya tahu apa saja efek bahaya kafein yang masuk ke dalam tubuhnya.

Kafein yang dikonsumsi saat malam hari justru akan mengganggu jam tidur saat siang hari.

Kafein justru akan membuat tubuh pekerja malam akan merasakan dehidrasi dan sering kehausan. Dan ini tidak baik kesehatan pekerja itu sendiri.

 

Dehidrasi ini tidak boleh diabaikan sebab akan berpengaruh terhadap sistem organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Hal itu dikarenakan semua organ tubuh manusia terdiri atas cairan terutama darah. Darah hampir 90 persen komponennya adalah cairan.

Jika tubuh kekurangan cairan maka darah akan menjadi pekat dan kental. Darah yang pekat tidak mampu diedarkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh kekurangan asupan darah.

Hindari Minuman Energi

Kadang orang yang bekerja terlalu banyak di malam hari akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Saat itulah dia akan mengkonsumsi minuman energi untuk membuat tubuhnya tetap bugar.

Namun siapa sangka jika minuman energi ini justru tidak bagus untuk kesehatan pekerja terutama untuk ginjal.

Minuman energi itu memiliki kandungan kimia yang akan memberatkan kinerja ginjal.

Tidak hanya itu saja minuman energi itu juga memiliki kandungan gula yang tinggi dan kafein yang tinggi.

Ketika dikonsumsi terlalu sering minuman itu justru akan berdampak pada penyakit ginjal, penyakit diabetes bahkan juga menyebabkan penyakit hati atau liver.

Mari beralih dan segera meinggalkan minuman energi yang berbahaya bagi tubuh.

Nikmati murninya dan alaminya Madu Baik yang dapat meningkatkan stamina dan vitalitas sehingga Anda bisa jauh lebih produktif lagi.

Info selengkapnya ada disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *